The Travel Junkie & Marketing To Netizen

Bali, Traveljunkieindonesia.com – Youhou pagi ini Travel Junkie Indonesia di telepon oleh Marketeers untuk ikut menghadiri acara Marketeers Dinner seminar Roadshow “Marketing to Netizen”, Senin, (1/11/2010) pukul 18.00 s.d. 21.30 WIB di Gedung BPR Lestari / Kampus MIM, Denpasar.

Marketeers Dinner Seminar dengan tema “Marketing to Netizen”, menampilkan Hermawan Kartajaya sebagai pemateri utama. Pak Hermawan Kartajaya memaparkan, informasi mengenai profil psikografis pengguna internet di Indonesia, termasuk dengan perkembangan fenomena gaya hidup Netizen, berdasarkan temuan riset di lapangan mengenai “Netizen Indonesia 2010: Attitude and Behavior”.

Berdasarkan temuan riset di lapangan mengenai “Netizen Indonesia 2010: Attitude and Behavior” yang dilakukan oleh MarkPlus Insight terhadap 1500 responden di beberapa kota Indonesia terdapat sembilan tipe dari pengguna internet di Indonesia. Kesembilan tipe tersebut yakni netterrorist, netpublisher, netadvocate, netstriver, networker, netjunkie, netavoider, netcrawler dan netrookie. Tipe yang harus dihindari oleh seorang Marketing Manager adalah netterorist, netstriver, dan netavoider. Sedangkan tipe netpublisher, networker dan netcrawler dapat diajak bergabung. Tiga tipe lainnya yakni netadvocate, netjunkie dan netrookie justru tipe yang harus didekati oleh pemasar agar dapat bekerja sama karena ketiga tipe tersebut cukup positif.

“Houben mengatakan, internet menciptakan demokratisasi dan menciptakan masalah baru bagi Marketing Manager,” papar Hermawan. Masalah baru yang dimaksud adalah keterbukaan informasi serta sikap demokratis dari para Netizen yang akan mempengaruhi masyarakat lainnya. Hermawan membandingkan dengan peran yang dilakukan Marketing Manager secara konvensional yakni melakukan brainwash. Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki internet, Hermawan menegaskan bahwa sudah waktunya bagi para pemasar maupun Marketing Manager untuk menjalankan praktek pemasarannya melalui komunitas Netizen di Indonesia. “Walaupun internet itu banyak jd good atau bad, tetap yang berkarakter yang menyentuh. Yang bad banyak, tapi tidak mempunyai dampak yang lebih besar. Tugas para pemasar menciptakan itu,” paparnya.

Dalam Roadshow ”Marketing to Netizen” ini juga dihadiri beberapa blogger dan penggiat social media. Damn, Travel Junkie Indonesia mendapatkan penghargaan “Marketing to Netizen” dari Marketeers.

Netizen award ini adalah sebuah cambuk untuk Travel Junkie Indonesia untuk lebih mempromosikan industri pariwisata Indonesia. “Kenali Negeri Mu, Cintai Negeri Mu” Yuk dukung terus Travel Junkie Indonesia promosiin Indonesia melalui kekuatan baru di dunia New Wave.

Salam Travel Junkie Indonesia

Follow TJ on Twitter @TravelJunkieID

Share this...
Share on Google+Share on FacebookShare on LinkedInTweet about this on Twitter

5 Comments

  1. @ all, Terima kasih. Penghargaan ini juga untuk kalian kok 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *